STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR (SOP)

BEASISWA PENINGKATAN PRESTASI AKADEMIK 2018

 

A. BEASISWA PENINGKATAN PRESTASI DAN AKADEMIK (PPA) TAHUN 2018

Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik UIN Raden Fatah Palembang sebagai bentuk apresiasi kepada mahasiswa UIN Raden Fatah yang berprestasi secara akademik dan non akademik dan tidak perlu melampirkan surat keterangan tidak mampu dari Kelurahan. Mahasiswa yang mengajukan beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA) , disamping harus memeliki prestasi akademik yang tinggi juga harus memiliki prestasi non akademik. Mahasiswa tersebut tidak perlu melampirkan surat keterangan tidak mampu dari kelurahan. Adapun syarat-syarat khusus prestassi akademik sebagai berikut :

  1. Indeks prestasi komulatif (IPK) minimal 3.50
  2. minimal duduk pada semester II maksimal pada semester VII.

B. KETENTUAN UMUM

peserta yang berhak mengajukan Beasiswa Peningkatan Prestasi dan Akademik  sebagai berikut :

  1. Mahasiswa Diploma III (D-3) dan Sastra 1 (S-1) UIN Raden Fatah Palembang;
  2. Mahasiswa aktif semester II s.d VIII dibuktikan dengan membawa bukti SPP;
  3. Memiliki Indeks Prestasi (IP) minimal 3.30;
  4. Tidak/sedang menerima beasiswa dari instansi lain.

C. PERSYARATAN

  1. Foto copy bukti pembayaran SPP/UKT;
  2. Foto copy Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) yang masih berlaku;
  3. Foto copy Kartu Tanda Penduduk (KTP) / Kartu Izin Tinggal Terbatas (KITAS);
  4. Foto copy Kartu Hasil Studi (KHS) semester terakhir;
  5. Foto copy sertifikat/penghargaan/ piagam minat bakat;
  6. Foto copy buku rekening Bank Sumsel Babel Syari’ah UIN Raden Fatah Palembang atas nama mahasiswa penerima

D. PROSEDUR PENDAFTARAN DAN SELEKSI

  1. Mahasiswa mengajukan permohonan kepada WD 3 Fakultas masing-masing melalui Program Studi masing-masing dengan melampirkan berkas sebagai berikut:
  • Foto copy bukti pembayaran SPP/UKT;
  • Foto copy Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) yang masih berlaku;
  • Foto copy Kartu Tanda Penduduk (KTP);
  • Foto copy Kartu Hasil Studi (KHS) semester terakhir;
  • Foto copy sertifikat/penghargaan/ piagam minat bakat;
  • Semua berkas dibuat 3 (tiga) rangkap dimasukkan dalam map snelcheter Plastik (Sesuai dengan fakultas) yang dilobangi disusun urut, yang kecil diletakkan di atas. Dua rangkap untuk BAAK dan satu rangkap Fakultas/Prodi diberi identitas Nama, NIM, No Rekening dan No Hp yang aktif.
  1. WD 3 Fakultas melakukan seleksi verifikasi berkas terhadap permohonan beasiswa Pengingkatan Prestasi Dan Akademik (PPA)
  2. Hasil seleksi dan verifikasi tahap 1 disampaikan oleh WD 3 kepada WR 3 secara kolektif melalui kabag. BAAK cq. Kasubbag Kemahasiswaan UIN Raden Fatah Palembang.
  3. BAAK melakukan verifikasi berkas pemohon beasiswa Peningkatan Prestasi dan Akademik
  4. Hasil verifikasi berkas tahap 2 kemudian disampaikan kepada WR 3 untuk dilakukan seleksi akhir calon penerima beasiswa PAA.
  5. WR 3 melakukan rapat akhir Tim seleksi untuk menentukan lulusan penerima beasiswa PPA.

E. KUOTA

Kuota beasiswa PPA diberikan berdasarkan kuota yang ada pada DIPA UIN Raden Fatah Palembang pada tahun anggaran berjalan. Berdasarkan DIPA Tahun Anggaran 2018 kuota beasiswa Peningkatan Prestasi dan Akademik sebanyak 302 mahasiswa.

Mahasiswa yang mengajukan beasiswa Prestasi Non Akademik disamping harus memenuhi persyaratan umum di atas, yang bersangkutan harus memenuhi syarat-syarat khusus yakni memiliki kreatifitas prestasi dan mempunyai kegiatan kulikuler dan/ kegiatan ekstrakulikuler yang meliputi semua atau sebagai hal-hal berikut :

  1. Aspek Keagamaan dan moral Pancasila
  2. Aspek Penularan dan idealism
  3. Aspek Kepemimpinan dan loyalitas
  4. Aspek Minat, Bakat dan keterampilan
  5. Aspek Kegiatan Profesi/Magang
  6. Aspek Pengabdian kepada Masyarakat
  7. Minimal Miniman duduk pada semester III maksimal VII
  8. Menyertakan Indeks Prestasi Komulatif (IPK) saat mendaftar