Rabu, 26 September 2018, WIB

Rabu, 15 Nov 2017, 11:27:31 WIB, 546 View Kms Nopran Pansuri, Kategori : Fakultas

Program Studi Ilmu Hadits telah sukses melaksakan kegiatan Living Hadits yang diperuntukkan bagi mahasiswa/I Prodi Ilmu Hadits. Kegiatan ini merupakan sebuah rangkaian kegiatan yang dilakukan dalam pengkajian, pelatihan dan diskusi yang bersifat akademik di bidang kajian keislaman.

Kegiatan living hadits ini dilatar belakangi dengan adanya perubahan sosial yang begitu cepat di tengah-tengah kehidupan masyarakat yang menuntut Perguruan Tinggi sebagai wadah pendidikan dan kebudayaan untuk senantiasa bias menyesuaikan ilmu-ilmu yang dipelajari dengan perubahan sosial. Menyadari hal tersebut, maka Prodi Ilmu Hadits sebagai salah satu bentuk komitmennya dalam memberikan pelayanan unggul bagi seluruh pengguna (user), terutama di ranah akademik merasa perlu untuk mengadakan kajian, bimbingan dan pelatihan bagi mahasiswa untuk mempersiapkan dirinya terjun di tengah-tengah masyarakat dalam menjawab permasalahan social keagamaan.

Adapun tujuan kegiatan Living Hadits dilaksanakan adalah :

1.    Memberikan pengetahuan dan informasi kepada mahasiswa tentang model dan pola living hadits

2.    Mengajak mahasiswa untuk bias bersifat kritis dan bijaksana dalam menyikapi semua problem social keagamaan dengan dilandasi pada nilai-nilai luhur hadits.

3.    Mewujudkan mahasiswa sebagai peneliti yang selalu mengedepankan aspek solutif dan argumentative dalam menyelesaikan problema keagamaan yang terjadi ditengah-tengah masyarakat.

Sedangkan tema yang diusung dalam kegiatan ini adalah: “Mewujudkan Mahasiswa Prodi Ilmu Hadits sebagai Peneliti dan Muhaddis Awwal  yang berkualitas, Kompetitif dan Solutif dalam Menjawab Permasalahan Sosial Keagamaan di Era Modern

Adapun yang menjadi Narasumber dalam kegiatan ini adalah Bapak Sulaiman Mohammad Nur, MA dan Bapak Hedhri Nadhiran, M.Ag yang menjelaskan tentang metodologi Pemahaman Hadis, Metodologi Penelitian hadits dan Praktek Living Hadits yang menggunakan Ilmu-Ilmu Sosiologi dan Antropologi. Kegiatan Ini Langsung di Buka oleh Dekan Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam Bapak Dr. Alfi Julizun Azwar, M.Ag. Dalam sambutannya, Dekan mengapresiasi kegiatan yang diadakan oleh Prodi Ilmu hadits, dan berharap kegiatan ini terus dilakukan demi memberikan kontribusi terhadap pengembangan pemikiran dan kajian hadis ke depan. Sedangkan Moderator langsung di pimpin oleh Ketua Prodi Ilmu Hadits Bapak Almunadi, M.Ag

Kegiatan Living Hadits dihadiri oleh Wakil Dekan I, II dan III, seluruh Kaprodi dan Sekprodi di lingkungan Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam serta seluruh Mahasiswa Prodi Ilmu Hadits dari setiap angkatan, yaitu Semester I, III dan V.