Kamis, 15 November 2018, WIB

Kamis, 22 Mar 2018, 15:44:43 WIB, 393 View Kms Nopran Pansuri, Kategori : Fakultas

(FUSHPI News, 8/12) Yudisium dan Pelepasan Sarjana Baru XII Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam (FUSHPI) Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang kembali dilaksanakan kemarin Kamis (7/12) di Ruang Munaqosyah Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam. Dengan tema, "Melalui Yudisium XII Kita Wujudkan Alumni yang Berintegritas, Unggul, dan Berkarakter Islami." 

Sebanyak 26 Sarjana Baru telah dilantik secara resmi oleh Dekan Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam. Para alumni yang telah resmi menyandang gelar sarjana dan magister tahun 2017 ini terdiri dari 3 orang alumni Program Magister (S2) Program Studi (Prodi) Ilmu Qur’an dan Tafsir (IQT) dan 23 alumni (S1) dari Prodi Studi Agama-Agama (Saa), Ilmu Qur’an dan Tafsir (IQT), serta Aqidah dan Filsafat Islam (AFI). 

Dekan FUSHPI UIN RF Palembang, Dr. Alfi Julizun Azwar, M. Ag., dalam sambutannya menyampaikan ungkapan syukur dan selamat kepada para alumni yang telah resmi menjadi sarjana dan memotivasi para alumni untuk terus mengembangkan ilmu yang diperoleh di tengah masyarakat. 

"Para alumni tidak boleh berpuas diri dengan gelar yang diraih. Justru momen yudisium adalah saat di mana para alumni dapat mengembangkan diri dalam berkarya, bekerja, dan mengabdikan ilmu kepada masyarakat," katanya

Lebih lanjut, Dekan berharap para peserta Yudisium dapat memulai karir pasca jika berminat untuk terjun mengabdi dalam dunia akademisi. "Bagi yg berkeinginan untuk studi lanjut kami doakan semoga sukses," Singkat ujar pria kelahiran Bogor ini.

Sementara itu, Ketua Ikatan Keluarga dan Alumni Ushuluddin (IKADDIN), H. Hendri Zainuddin, S. Ag., S.H., mengatakan bahwa para alumni harus lebih giat mengembangkan skill dan link. 

"Skill itu penting untuk bersaing di dunia kerja. Kemudian, memperpanjang silaturahmi adalah salah satu cara, untuk menjemput rezeki dan kesuksesan. Oleh karena itu, kami mengundang seluruh alumni untuk bergabung bersama dalam IKADDIN untuk membentuk program yang dapat membantu para alumni," Kata Anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia ini. 

Kegiatan Yudisium berlangsung dengan khidmat. Serangkaian acara berjalan dengan lancar hingga menjelang waktu Zuhur tiba. Sebelum acara dimulai, FUSHPI mengadakan tradisi baru dalam Yudisium kali ini, yaitu dengan menghadirkan tradisi mengarak para sarjana ke ruang pelantikan dengan diiringi oleh Drum Band Fushpi yang diasuh oleh Wakil Dekan III, Dr. Muh. Mawangir, M. Ag. 

Terpisah Kasubbag Akademik Dan Kemahasiswa FUSHPI UIN RF Palembang Dra. Kartini mengatakan dalam setiap kegiatan yudisium ada penganugerahan kepada lulusan yang dinilai berprestasi pada Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam UIN Raden Fatah Palembang.  Di antaranya Sarjana Berprestasi tingkat Fakultas diraih oleh Olivia Wahyu Salsabella, S. Ag, sedangkan untuk Sarjana berprestasi Tingkat Program Magister (S2) IQT diraih oleh Lili Kaina, S. Ud., M. Ag. 

"Kemudian atas nama Irawansyah, S. Ag., meraih Sarjana Berprestasi Tingkat Program Studi SAA,  Olivia Wahyu Salsabella, S. Ag., kategori Sarjana Berprestasi Tingkat Program Studi AFI serta Mentari Paj Okta, S. Ag., Sarjana Berprestasi Tingkat Program Studi Ilmu Qur’an dan Tafsir," pungkasnya (awen/fran)